My World : Global Warming


Assalamu’alaikum wr wb

Hi, kita berjumpa lagi dalam sebuah program terbaru dari ISLAMIC BLOG, yaitu MY WORLD. Program MY WORLD akan membahas masalah alam sekitar kita. Kali ini MY WORLD akan membahas masalah GLOBAL WARMING, tema ini memang sangat hangat sekali untuk dibahas, hampir seluruh negara mengalami akibatnya. Daripada kita terus berbasa-basi, mari kita mulai saja MY WORLD edisi perdana ini, check this out !!!.
Global warming atau pemanasan global menurut WIKIPEDIA, situs ensiklopedia terbesar di dunia internet adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Sedangkan menurut situs Fakultas Geografi UGM, global warming adalah fenomena peningkatan temperatur bumi dari tahun ke tahun, karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti CO2, CH4, N2O dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.
Peristiwa pemanasan global adalah ancaman bagi kehidupan di bumi. Sekarang ini, efek dari pemanasan global sangat terasa. Suhu bumi semakin meningkat, cuaca bumi semakin tidak menentu dan
pergeseran musim adalah beberapa efek dari pemanasan global.
Pemanasan global terjadi karena adanya efek rumah kaca (greenhouse effect). Efek rumah kaca terjadi karena meningkatnya emisi gas CO2, CH4, N2O dan CFC. Gas ini diakibatkan oleh penggunaan kendaraan bermotor dan alat-alat rumah tangga.
Pemanasan global dapat mengancam kehidupan di bumi. Pohon-pohon akan mati karena panas yang berlebihan, hewan-hewan akan mati karena tidak adanya bahan makanan yang diakibatkan matinya pohon-pohon yang selama ini menjadi bahan makanan bagi beberapa hewan. Ini mengakibatkan rusaknya sistem rantai makanan, selain itu keseimbangan alam akan terganggu. Kalau keseimbangan alam terganggu, maka kehidupan manusia di muka bumi juga akan terganggu.
Pemanasan global sebenarnya diakibatkan oleh manusia sendiri. Ini terlihat dari perilaku manusia sekarang yang terlena oleh kemajuan teknologi. Padahal teknologi tersebut mempunyai dampak negatif bagi keseimbangan alam.
Sebenarnya cara menanggulanginya sangat mudah. Asal semua bergerak untuk sadar terhadap lingkungan, maka dampak dari pemanasan global dapat diminimalisir. Memang sekarang sudah terlambat bagi kita untuk peduli terhadap lingkungan. Akan tetapi walaupun terlambat, yang penting kita sudah berusaha menyelamatkan bumi kita, bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: